Tips dan trik tutorial corelDraw kali ini akan membahas tentang
proses tracing pada sebuah image atau gambar (Mengubah Bitmap ke Vector
dengan cepat), pada kasus ini adalah logo adidas dengan format .jpg akan
kita buat warna-warni dengan corelDraw X5.
Langkah Pertama
Silakan buka gambar yang akan kita proses, dalam hal ini adalah logo dari adidas, jika belum ada silakan
download disini, setelah kita buka lembar kerja baru maka kita tinggal melakukan proses import
Maka jika proses importing berhasil gambar akan berada di lembar kerja kita

Untuk
memulai proses tracing maka klik pada logo yang akan kita trace ( rubah
dari bitmap ke vector agar bisa kita beri warna ) lalu pilih
iconTrace bitmap – Outline trace – Hight Quality Image
Langkah Selanjutnya :
Anda akan masuk dalam menu tracing seperti dibawah ini
Akan ada dua posisi logo, dimana yang atas
adalah logo asli format .jpg (bitmap base) dan yang bawah adalah vector
base (artinya msih dapat kita olah) pastikan chek dan unchek menu
seperti gambar diatas chek pada Remove Bacground , Specify Color, Remove color from entire image, Retrive Object Overlap jika dirasa sudah selesai tinggal klik ok Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini

Pada
keadaan standart maka logo baru hasil tracing akan sama persis diatas
logo lama yang masih bitmap, langkahnya sederhana klik logo dan geser
kebawah maka logo akan terlihat menjadi dua

Untuk
membedakan logo yang sudah bisa diedit dan belum logo yang digeser
kebawah tinggal diberi warna dengan memilih dari color tool disamping
kanan. Lalu hapus logo yang atas yang masih dalam bentuk .jpg atau
bitmap karena tidak bisa diolah/diedit. Karena pada posisi
default/standart logo yang sudah berbentuk vector (terbukti bisa diganti
warna) masih dalam satu posisi grouping (masih menjadi satu) maka perlu
dilakukan
ungrouping atau memisah bagian demi bagian dari logo tersebut.
No comments:
Post a Comment