Powered by Blogger.

Tuesday, February 28, 2012

Ubuntu for Android Resmi Diperkenalkan




altSelasa (21/1), Canonical mengumumkan Ubuntu for Android yang didesain untuk membawa sistem operasi ini ke smartphone berbasis Android.
Namun, Ubuntu for Android bukanlah sebuah sistem operasi yang terpasang secara penuh pada smartphone, melainkan hanya sebagai aplikasi tambahan yang akan bekerja saat smartphone terpasang pada docking khusus.

Meski bukan berupa sistem operasi, di dalam Ubuntu for Android telah terpasang berbagai aplikasi umum layaknya sebuah OS, seperti aplikasi office, multimedia, web browser, dan juga email.

Nantinya pengguna bisa mengoperasikan aplikasi ini menggunakan keyboard dan monitor yang terhubung dengan docking tersebut. Jadi, saat smartphone dicabut dari docking-nya, smartphone akan berfungsi kembali layaknya smartphone Android biasa.

Tujuan dihadirkannya aplikasi ini adalah untuk memindahkan fungsi desktop Ubuntu ke smartphone Android. Konsep ini mengingatkan orang akan platform WebTop pada perangkat Atrix yang diperkenalkan Motorola.

Ubuntu for Android baru dalam tahap perkenalan dan belum dipertunjukkan secara resmi kepada umum. Demo aplikasi tersebut akan dilakukan bertepatan pada saat ajang MWC 2012 berlangsung.

Aplikasi ini bisa jadi sebagai awal langkah Ubuntu untuk memperkenalkan proyek selanjutnya yaitu Ubuntu mobile sebagai sebuah sistem operasi penuh yang rencananya akan diluncurkan tahun 2014.
                                                                                                                              Sumbernya

No comments:

Post a Comment